Siapa, sih, yang nggak nggak kenal sama sosok Chandra Liow?
Kamu pasti kenal, dong. Minimal pernah dengar namanya, lah. Soalnya
cowok heboh ini udah beken banget sebagai seorang Youtuber yang
produktif membuat video-video kocak, out of the box, dan digarap dengan “niat”. Bahkan channel Youtube Chandra yang bernama “Tim2one” udah punya subscriber sebanyak 484,402 orang!
Selain itu, cowok Chinese-Manado
kelahiran 21 Juni 1993 ini juga salah satu tokoh pendiri Indovidgram,
komunitas video Instagram se-Indonesia, yang per hari ini punya follower sebanyak 2,7 juta. Kalau follower Instagram kamu berapa, sob? Apa? Cuma 27 orang? :D
Etapi, cowok yang biasa dipanggil Koh Chan
oleh para fansnya ini bukan sekedar Youtuber atau Instagrammer
iseng-isengan, lho, karena Koh Chan juga punya prestasi yang warbiyasak.
Trus, meski image Koh Chan adalah seseorang yang gokil dan heboh, ternyata dia juga bijaksana banget.
Masa’ sih? Beneran! Simak, deh, fakta-fakta menarik tentang Chandra Liow berikut ini!
• Seperti yang pernah Youthmanual ceritakan di sini, selain “berakting” untuk Youtube, Chandra Liow juga pernah berakting di layar lebar dalam film bertajuk Single, garapan Soraya Intercine Film.
Dalam film ini, Chandra beradu akting dengan Raditya Dika
sebagai tokoh antagonis bernama “Bang Jo”. Karena sosok Chandra udah
dikenal banget oleh pihak Soraya Intercine Film, Chandra Liow diajak
main film dan diberi peran tokoh “Bang Jo” tanpa perlu ikut proses casting, lho.
• Menurut Chandra, karakter “Bang Jo” dalam film Single ini
menantang, karena sangat kontradiktif dengan karakter Chandra
sehari-hari. Tapi Chandra senang, kok, mendapat tantangan begini.
• Chandra Liow eksis banget di berbagai platform
media sosial, terutama Youtube. Keeksisannya ini sering diapresiasi,
dan bukan hanya diapresiasi oleh bapak, ibu, dan pacarnya sendiri, lho.
Malah, pada tahun 2013, Chandra pernah diundang ke Istana Negara oleh
mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, karena Koh Chan sukses jadi
finalis ajang kompetisi Video Kreatif Rakyat. Untuk ajang tersebut,
Chandra membuat video remiks salah satu lagu nasional Indonesia. Wih!
• Tahun lalu, Chandra juga meraih nominasi di tiga kategori penghargaan Influence Asia 2015, sebuah acara penghargaan media sosial terbesar di Asia yang diadakan di Singapura. Wah, kategorinya apa aja, tuh? Best Youtube Channel, Best Youtube Personality, serta kategori Lifestyle *tepuk tangan*
• Tapi yang paling wow, Chandra pernah jadi pembicara di acara Asia Pasific Media Forum (APMF)
untuk memberikan materi mengenai karirnya sebagai content creator,
khususnya di sosial media. Dalam forum internasional yang diadakan di
Bali ini, Chandra berbicara di depan 1,000 media se-Asia Pasifik. *tepuk
tangan lagi*
• Sejauh ini, video produksi Chandra
yang paling sukses dan paling jadi favorit banyak orang adalah videonya
yang bertajuk “Ulangan Matematika”. Video ini adalah video musik parodi
“See You Again”, dan per hari ini, view-nya udah nembus 4,3
juta viewers, gaes! Memang, sih, ada usaha, ada hasil. Soalnya, kata
Chandra, effort untuk membuat video ini gede banget, dari sisi
kolaborasi maupun produksi.
• Nama Chandra Liow pastinya
terasosiasi banget, ya, dengan Indovidgram. Meskipun sekarang sukses
banget, Indovidgram awalnya terbentuk karena iseng-iseng belaka, lho.
Jadi, ketika Instagram sudah bisa upload video 15 detik, Benakribo
mulai ngajak Chandra untuk bikin video di Instagram, karena menurut
Bena, Instagram bakal makin “meledak” dengan fitur video ini. Awalnya,
sih, Chandra nggak tertarik, berhubung durasi video di Instagram dulu
mentok di 15 detik. Nanggung dong, ya.
Tapi ketika akhirnya mereka coba-coba
bikin video Instagram, responnya banyak banget! Maka terciptalah
Indovidgram sebagai komunitas video Instagram lokal, yang terus-terusan
berkembang, sampai sekarang mereka punya 2.7 juta follower. Ihiy!
• Satu hal yang perlu kamu ketahui,
dibalik kesuksesan seorang Chandra Liow di masa sekarang, terdapat masa
lalu yang berat. Dulu, keluarga Chandra adalah keluarga pengusaha kayu
yang kaya rayanyaaaaa melintir! Tetapi ketika kerusuhan 1998, perusahaan
ayah Koh Chan bangkrut habis, sehingga mereka harus menjual segalanya.
Namun, Chandra menyikapi keadaan tersebut sebagai turning point untuk berkarya dan menghasilkan uang seperti sekarang.
Karena pengalamannya tersebut. Koh Chan
selalu berpesan kepada anak-anak muda untuk banyak-banyaklah berkarya,
mumpung hidup masih enak dan nggak sedang dalam kesulitan.
• Walaupun Chandra jago menciptakan
video dan memang paling eksis di Youtube, Chandra nggak mau menyebut
dirinya (hanya) sebagai Youtuber. Menurut Chandra, dia adalah seorang creator, yang bisa berkarya di berbagai platform. Dan bukan sekedar creator, lho, tapi extraordinary creator! Widiiih, emangnya extraordinary creator, tuh, apa sih?
Maksud Koh Chan, berkarya itu gampang, you just have to create something. Tapi dalam berkarya, kita jangan sekedar asal bikin. Kalau kamu mau jadi benar-benar skillful dalam berkarya dan sukses dengan karya kamu, buatlah sesuatu yang extraordinary. Sampai-sampai Koh Chan punya motto andalan, “do not expect extraordinary result if you only do ordinary effort.”. Setuju banget!
ntinya, seorang Chandra Liow bisa sukses bukan (hanya) karena dia bisa
menghibur dan punya bakat dalam bidang sinematografi, tetapi juga karena
dia punya semangat yang kuat untuk terus melakukan
pencapaian-pencapaian hebat. Pokoknya, nggak mau, deh, jadi biasa-biasa
aja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar